Label rekaman merupakan perusahaan yang khusus mengelola proses produksi, manufaktur, distribusi promosi, dan menjaga hak cipta rekaman musik. berbicara tentang label rekaman pasti yang kita tau ini adalah bisnis dengan keuntungan yang banyak karena mereka menjual rekaman fisik entah itu kaset, CD, Piringan Hitam, VCD, DVD, dari artis-artis dibawah naungan label itu dengan budget dan produksi massal/besar pula. kalo ngomong tentang major label kayaknya terlalu tinggi dan jauh hehehe ... karena mungkin hampir sama seperti major label, pemahaman sederhana tentang independent label atau indie label yang gampang kita cepat tanggap juga beragam. Bagi sebagian pihak, label rekaman yang nggak tergabung dalam The Big Four adalah Indie label. Dalam artian para indie label ini nggak menjual atau menyebarluaskan rekaman musik yang dikuasai oleh major label dan membangun sendiri jalur distribusi alternatif mereka masing-masing dengan budget dan promosi lebih kecil lagi atau mungkin bagi pihak lain, lebih senang melihat indie label bukan sebagai bisnis melainkan sebuah gairah atau passion saja untuk mempromosikan musik-musik non-mainstream. karena pada saat ini lebih banyak artis dan musisi lebih suka jalur indie label karena nilai " Kebebasan " bereksplorisasi musikal lebih terjamin lagi.

Pada awalnya w bikin Reprisal ini sebagian dari Iseng-iseng aja dengan embel-embel " Records ", karena memang mengurusi tentang " Suara/musik ", ya sekedar memiliki kesan perusahan rekaman hahahaha ... padahal inti sebenarnya bukan seperti itu (baca Records label lho) karena ya memang pada saat itu w sendiri tidak memiliki aktifitas setelah menghentikan Produksi cetak Mediazine yang w kelola, LOSTINCHAOS Mediazine dan memilih hanya bidang menulis yang w publish ke saluran online khususnya sosmed (sementara domain dot com hanya bertindak sebagai Portal resmi saja yang terhubung ke banyak link official sosmed). iseng-iseng berangkat dari ide serta hasrat yang tertunda panjang dalam mengolah musik cadas karena berbagai masalah teknis, akhirnya disini w menemukan jalan berkarya dalam membuat rekaman musik meski masih w jabanin sendirian aja dengan equipment yang baru w punya hehehe ... ya jadilah proyek engga waras kayak gini.

REPRISAL PROMOTIONS.... semoga menjadi Obsesi baru Gw sebagai bagian musisi indie Movement di tanah air, sebagai kelanjutan dari aktifitas utama di LOSTINCHAOS Mediazine menjadi publisher band-band yang karyanya gw tulis dalam bentuk review. dan karena hal keterbatasan waktu dan finansial (tentunya) pada saat ini Reprisal Promotion sedang berfokus dulu dengan produksi side project Band yang Gw sendiri kerjakan. ini bukan hal tentang " Mengkhayal " tingkat tinggi loh, karena Evidence karya telah Gw publish dalam bentuk rekaman fisik serta digital, jadi ini (sekali lagi) BUKAN OMONG KOSONG seperti kebanyakan orang nyinyir hehehe ... dan pada akhirnya, apapun bentuk/format Reprisal ini masih belum jelas ada dimana, namun hasil karya-nya bisa segera kalian dengarkan atau miliki nanti. karena Gw bekerja 99% sendirian, jadi skedul tentang rilisan ini serba tidak dapat ditentukan apalagi dipastikan, begitu ada kesempatan dan momen yang tepat, kalian bisa mendapatkannya hehehe .... karena bagi Gw pribadi " Berat " memikul beban tanggung jawab kata atau janji, tapi seiring semangat yang berkobar, Insya Allah semuanya akan bisa terlaknakan. Amin

Mungkin ini dulu yang bisa Gw tuliskan pada saat ini, dan mungkin berikutnya akan ditambahkan secara lengkap.
 

   
    Q & A    
         
   

Sebenarnya Reprisal Promotion ini sebuah label atau Media Promosi sih ?

   
   


Pada awalnya Reprisal sempat menggunakan Embel-embel " Records " dibelakangnya agar keliatan kayak sebuah label hahaha, karena sesuatu hal, maka digantilah menjadi " Promotion ", karena sejak misi awalnya ya memang Media Promosi semata (Khusus-nya untuk Proyek-proyek Reprisal Band) namun juga tidak menutup kemungkinan terbuka Band-band lain (untuk jangka kedepan sih), but, semuanya tergantung kepada kebijakan moneter aja hehehe ...
 

   
         
    Kenapa hanya dirilis dengan sangat terbatas semua rilisan Reprisal?    
   
Alasan Klasik yang semua orang bakal paham lah. finansial yang mepet dan nekad ditambah curi curi kesibukan, sehingga Reprisal hanya mencetak masing-masing 50 kopi pake Format CD-R, dan 6 Rilisan awal memang sudah dinyatakan SOLD OUT ! DAN TIDAK AKAN diproduksi lagi. namun masih menjadi Planing selanjutnya adalah perilisan ulang ! dengan kemasan yang berbeda tentunya yaitu Mixing dan Mastering ulang materi, WAIT IT SOON !
 
   
         
    Kog jadwal rilisnya engga teratur gitu sesuatu Number Produksi-nya?    
   
Yaa itu tadi, Kebijakan Finansial dan Waktu yang menjadi penghalang Kegilaan Gw memuntahkan banyak Karya disini. sehingga materi menumpuk dan Gw-nya masih suka-suka aja bila dihadapkan dengan yang namanya Deadline. sehingga rilis-nya pun ikut suka-suka gitu hahaha, yang setidak-nya Gw engga bikin Janji omong kosong doang.
 
   
         
    Apakah Reprisal " Terbuka " bagi Label/Production/Kompiler untuk dapat bekerjasama merilis ulang?    
   
YOU ARE WELCOME !
semua materi di Reprisal adalah " karya lepas " dari Reprisal sebagai Media Publikasinya semata, asal jangan sampai dibajak tanpa seijin Reprisal/Lostinchaos Mediazine hehehehe
 
   
         
    Band-band di Reprisal Promotion ini hanya Proyek One Man Project sajakah?    
   
Yupz ... Menyambung hampir semua Obsesi Gw dimasa lampau yang tidak terealisasikan ketika sulitnya menemukan Partner full band yang tepat, sehingga semua Ide-ide ini harus terpendam dan berkerak sekian tahun lamanya. dari berbagai Genre Metal yang memang sudah Gw kerjakan dibanyak band, ya daripada mubazir, lalu digunakanlah semua ini dalam One Man Project ini.
 
   
         
    Apakah hanya 1 orang saja yang bener-bener terlibat dalam semua proyek ini sampai dengan proses Finishing-nya?    
   
Yupz ... hampir 95 % Gw " sendiri " yang mengerjakannya, dari Take Gitar, Bass, Vokal hingga beberapa solo sederhana, masih Gw sendiri yang memainkannya, dan sisanya ada solo yang diisi oleh teman-teman dekat. oh ya ada 1 band yang temen Gw memainkan instrumen Gitarnya. kemudian untuk proses mixing dan masteringnya, ya tetep Gw kerjakan sendiri semuanya hingga finish, Egois yah? yaa...selama Gw bisa dan mampu, Learning by Doing, Why not?
 
   
         
    Apakah anda memang sudah GILA ?    
   
Yaa ... Sebagai manusia yang sudah terlalu banyak menyimpan segudang Ide, Gw akui GW MEMANG GILA !!! ... GILA DALAM BERKARYA !!! hehehehe...
 
   
         
    Equipment dan Tools apa aja yang digunakan untuk mengerjakan semua Proyek di Reprisal ?    
   
Seperti biasa pada kebanyakan One Man Band lainnya. Gw disini masih pake Lepi ASUS A34S Core i5 dengan RAM 2 GB aja, untuk Speaker Gw make DS5A MK3, Soundcard sangat sederhana banget sih, cuman pake Portabel yang murahan, untuk Gitar masih pake Ibanez Custom'an dengan Pickup ga jelas apa hahaha, Bass gitar Custom pokoknya bunyi aja, Microphone juga masih model Dynamic murahan banget dan untuk DAW, awalnya sempat make Cubase 5, tapi karena terlalu Mainstream, berat dan menyiksa RAM untuk banyak VST, ditambah DAW sudah terlalu Pasaran, sehingga Gw putuskan bermigrasi aja yang lebih ringan dan mumpuni dengan Spec. Lepi aja dengan pake Cockos Reaper 5.90 dan untuk Beat Instrumen Midi & Synthesizer pake Samson Graphite M25 Mini Controller.
 
   
         
    Ada Pertanyaan lainnya kah?    
   
Silahkan Klik KONTAK Aja .... :)